Warga Kampung Umbul Kunci Teluk Betung Timur Mulai Manfaatkan Sumur Wakaf Keluarga

balam21.com
0 0
Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Read Time:1 Minute, 29 Second

BANDAR LAMPUNG (b21) – Tinggal disekitar bantaran Sungai Warga RT 06 Kampung Umbul Kunci harus selalu waspada dengan potensi bencana banjir yang dapat tiba kapanpun. Tepatnya akhir Maret 2020 silam perabot rumah tangga milik Warga harus rela tersapu banjir bandang yang melanda kampung tersebut. Pasca banjir bandang warga kesulitan mendapatkan air bersih dari beberapa sumur dangkal yang ada.

Nurlela (36) memanfaatkan air sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci. Air keruh yang mengalir dari hulu sungai terpaksa digunakan karena tidak ada alternatif lain. Meskipun ada aliran air dari atas gunung, namun terkadang sangat kecil debitnya.

Merasakan hal yang sama seperti warga lainnya, Nurlela berinisiatif mencari bantuan untuk pembangunan sumur. Kini sebanyak 16 sumur Wakaf Keluarga baik bersumber dari dana wakaf tunai kolektif publik maupun personal selesai dibangun pada Senin (20/07). Setelah proses serah terima antara Kepala Cabang Global Wakaf – ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni kepada perwakilan warga penerima manfaat Maimunah, masyarakat mulai menggunakan airnya untuk mandi dan mencuci.

    Dian mengatakan pembangunan 16 sumur wakaf keluarga berdasarkan assesment tim program bahwa sebagian warga belum memiliki sumur sehingga harus menumpang sumur tetangga atau menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari. Disamping itu pasca bencana banjir beberapa waktu lalu menyebabkan hilangnya fasilitas sumur seperti pompa air. Air sumur juga menjadi tidak layak minum.

    Untuk itu melihat kondisi perekonomian masyarakat yang hanya menggantungkan dari hasil kebun maupun kerja serabutan, implementasi sumur wakaf turut melibatkan warga penerima manfaat dalam pengerjaan disamping ada tukang khusus. Hadirnya sumur wakaf diharapkan dapat memudahkan masyarakat mengakses air bersih dan berdampak pada kesehatan terutama anak-anak, ibu hamil dan lansia.

    “Sumur wakaf ini dibangun untuk seluruh masyarakat Umbul Kunci sehingga bagi keluarga yang tidak ketempatan Sumur Wakaf dapat memanfaatkan airnya, ini sudah menjadi kesepakatan antara Global Wakaf dan warga penerima manfaat,” tutupnya.(nuy/tim)

        About Post Author

        balam21.com

        Inspiratif dan Berimbang
        Happy
        0 %
        Sad
        0 %
        Excited
        0 %
        Sleepy
        0 %
        Angry
        0 %
        Surprise
        0 %
        FOLLOW With :

        Average Rating

        5 Star
        0%
        4 Star
        0%
        3 Star
        0%
        2 Star
        0%
        1 Star
        0%

        Tinggalkan Balasan

        Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

        Next Post

        LPA Lampung Gelar Diskusi Virtual Terkait Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

        Bagikan ke:          […]
        error: Terimakasih Sudah Berkunjung