Simak 5 Trik Menjaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem

balam21.com
Foto_ist
1 0
Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Read Time:2 Minute, 5 Second

Balam21.com, Cuaca ekstrem seperti angin kencang hingga hujan lebat melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Terdapat sejumlah cara untuk menjaga kesehatan di tengah cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem berkaitan dengan peningkatan sejumlah penyakit. Musim hujan, misalnya, dikaitkan dengan peningkatan diare dan juga demam berdarah dengue. Angin kencang juga dapat memicu flu dan pilek.

Berikut cara untuk menjaga kesehatan di tengah cuaca ekstrem.

1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup merupakan pilar utama kesehatan. Istirahat dapat menjaga tubuh tetap kuat. Istirahat juga merupakan penopang sistem imunitas tubuh. Istirahat yang benar dapat dilakukan dengan tidur teratur setiap harinya.

“Tidur di malam hari dengan waktu yang teratur memudahkan sistem pergantian sel yang rusak dan istirahat hormon-hormon dalam tubuh kita. Kalau tidak teratur maka proses regenerasi sel akan terganggu dan kadar stress dalam tubuh tetap tinggi,” kata dokter spesialis jantung Vito Damay, Jumat (22/01/2021).

Orang dewasa direkomendasikan untuk tidur 7-8 jam setiap harinya.

2. Olahraga

Lakukan olahraga rutin setiap harinya untuk menjaga imunitas tubuh. Setiap orang direkomendasikan untuk berolahraga 150 menit setiap minggu atau 30 menit setiap hari, lima kali dalam seminggu. Olahraga bisa dilakukan kapan saja.

Salah satu yang paling mudah adalah melakukan peregangan di pagi hari.

“Sirkulasi tubuh memperlancar peredaran sel-sel imun ke seluruh tubuh membantu membunuh virus atau bakteri yang menyusup,” kata Vito.

3. Makanan yang bernutrisi tinggi

Konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dimulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Pilih menu makanan yang bernutrisi seimbang. Berikan prioritas pada makanan yang mengandung protein dan vitamin karena baik untuk imunitas tubuh.

“Jangan lewatkan sarapan. Banyak makan protein seperti tempe dan ikan untuk membangun kekebalan tubuh,” ujar Vito.

4. Minum air putih yang cukup

Asupan air putih yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Air dapat melindungi tubuh dari dehidrasi. Selain itu, cairan juga punya peran penting dalam metabolisme.

“Tubuh kita perlu cairan untuk bermetabolisme. Rasa haus adalah alarm untuk sel kita. Jangan diabaikan. Rasa haus kadang terlewatkan sehingga paling aman tetap pastikan kita minum air ketika ingat,” tutur Vito.

Kementerian Kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi air putih 2 liter setiap harinya.

5. Kelola stres

Penting untuk mengelola stres yang muncul di tengah situasi tak menentu. Stres yang dibiarkan dapat menjadi kronis dan pintu masuk berbagai penyakit.

Lakukan sejumlah kegiatan yang dapat menghilangkan stres, meredakan emosi, dan menenangkan tubuh seperti melakukan hal-hal yang menyenangkan atau meditasi.

Di tengah cuaca ekstrem yang berlangsung di masa pandemi ini, penting juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, untuk mencegah penularan Covid-19.

      About Post Author

      balam21.com

      Inspiratif dan Berimbang
      Happy
      0 %
      Sad
      0 %
      Excited
      0 %
      Sleepy
      0 %
      Angry
      0 %
      Surprise
      0 %
      FOLLOW With :

      Average Rating

      5 Star
      0%
      4 Star
      0%
      3 Star
      0%
      2 Star
      0%
      1 Star
      0%

      Tinggalkan Balasan

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

      Next Post

      Dongkel Jendela Gudang, Pencuri Berhasil 'Gasak' 2 Unit Motor Milik Pengusaha Mebel di Way Galih, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

      Bagikan ke:          […]
      error: Terimakasih Sudah Berkunjung