Asisten Administrasi Umum Ikuti Rapat Penguatan Hub SP4N dan LAPOR! Melalui Virtual Meeting

balam21.com
1 0
Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Read Time:1 Minute, 36 Second

BANDAR LAMPUNG (b21) – Asisten Administrasi Umum mengikuti Rapat Penguatan Hub Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), melalui Virtual Meeting, di Ruang Video Conference Lt. 1 Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung, Jumat (29/01/2021).

Rapat dihadiri oleh Kepala Bidang Dinas Kominfo dan Statistik dan Kabag Pada Biro Organisasi. Konektivitas antar instansi pemerintah adalah salah satu aspek penting dalam penguatan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) kedepan. Penguatan konektivitas dilakukan dengan membangun simpul (hub) koordinasi pengelolaan pengaduan.

Simpul (hub) koordinasi pengelolaan pengaduan ini berfungsi untuk mempercepat proses penyelesaian pengaduan melalui koordinasi dan kolaborasi antar instansi. Selain itu, hub juga untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pengaduan melalui supervisi yang jelas dan terstruktur, maka diperlukan penataan organisasi, tugas, dan fungsi dalam penyelenggaraan SP4N.

    Pentingnya pengelolaan pengaduan adalah kewajiban penyelenggara pelayanan publik, kebutuhan dan hak masyarakat, evaluasi dan perbaikan kualitas pelayanan. Setiap instansi pelayanan publik wajib untuk melaksanakan dan menjalankan pengelolaan publik ini dan semua dana dibantu oleh pemerintah.

    Melalui MoU antara Kementerian PANRB, Kantor Staf Presiden dan Ombusdman RI, telah disepakati untuk memanfaatkan SP4N-LAPOR! sebagai platform pengelolaan pelayanan publik. Pengelola di tingkat pusat adalah Kantor Staf Presiden, Ombudsman Republik Indonesia, Kementerian PANRB bersama dengan Kominfo dan beberapa instansi lainnya.

    SP4N-LAPOR! saat ini telah dikelola oleh 657 instansi pemerintah, sudah menerima sebanyak 500 sampai 600 laporan per hari, didukung aplikasi, kanal serta fitur yang cukup advance, dan telah ditetapkan sebagai aplikasi umum pengelola pengaduan.

    Sejumlah langkah penguatan pengelolaan SP4N kedepan tercantum dalam Roadmap Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) tahun 2020–2024. Peta jalan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri PANRB No. 46/2020.

    Didalamnya juga terdapat pembagian peran makro, meso yang merupakan peran Kemenko dan Pemprov serta mikro. Peran Instansi di Level Meso yaitu manajemen perubahan – akan mendorong komitmen instansi dalam pengelolaan pengaduan, manajemen pengetahuan – akan melakukan pelatihan dan bimtek pengelolaan serta pemantauan dan evaluasi – akan melaksanakan monitoring dan evaluasi secara berkala. (rl/b21)

        About Post Author

        balam21.com

        Inspiratif dan Berimbang
        Happy
        0 %
        Sad
        0 %
        Excited
        0 %
        Sleepy
        0 %
        Angry
        0 %
        Surprise
        0 %
        FOLLOW With :

        Average Rating

        5 Star
        0%
        4 Star
        0%
        3 Star
        0%
        2 Star
        0%
        1 Star
        0%

        Tinggalkan Balasan

        Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

        Next Post

        Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, Dampingi Ketua Komisi IV DPR RI Salurkan Bantuan Alat Pertanian di Kec. Trimurjo, Lampung Tengah

        Bagikan ke:          […]